Dapat uang hanya karena sharing? Sulit dipercaya sampai akhirnya ada website ini. :D

1 Feb 2014

Perlengkapan Pokok Memelihara Hamster

#Step 3  : Perlengkapan Hamster

Sebelum memelihara hamster kita harus tahu keperluan apa saja sih yang dibutuhkan mereka? Tidak mungkin kan kita memelihara hamster tanpa ada perlengkapan yang membuat nyaman si hamster? Berikut ini adalah keperluan pokok hamster :

1. Kandang Hamster

Pertama yang harus dipersiapkan adalah kandangnya. Kita dapat membuat sendiri tetapi jika ingin praktisnya kita dapat membelinya di petshop terdekat. Untuk kandang yang dijual dibeberapa petshop harganya sangat bervariasi dari mulai Rp 30.000 (kecil) – Rp 300.00 (besar). Jika ingin berkreasi, kalian bisa membuat kandang aquarium sendiri. Kisaran biaya untuk membuat kandang ini relatif, karena tergantung besarnya kandang yang ingin kalian buat. Ukuran umum untuk satu hamster adalah 25x30 cm dengan ketinggian sekitar 25-30 cm.

2. Alas Kandang

Untuk alas kandang, ada beberapa yang bisa kalian pilih antara serbuk kayu atau pasir zeolit no.1 dan 2. Saya pribadi menggunakan keduanya, pada alas utama saya beri serbuk kayu dan pada salah satu sisi saya beri pasir zeolit untuk keperluan toilet hamster. Tak lupa juga jika kalian memberikan rumah-rumahan hamster berikan alas berupa serbuk kayu atau tissue yang sudah disobek memanjang. Ini berguna supaya saat hamster tidur mereka merasa hangat. Jangan lupa untuk mengganti alas kandang seminggu sekali atau jika dirasa serbuk sudah berbau.

3. Makanan
Hamster adalah hewan omnivora, namun ada beberapa makanan pantangan yang harus diketahui oleh pemilik. Jika pemilik salah memberikan makan bisa-bisa hamster bukannya sehat namun banyak penyakit yang bersarang. Contoh makanan sehat untuk hamster :
1.       Biji Bunga Matahari
2.       Kacang Hijau
3.       Kacang Kedelai
4.       Kacang tanah
5.       Biji jagung
6.       Beras merah
7.       Oatmeal
8.       Popcorn (tawar, tidak ada rasa)
9.       Buah-buahan kecuali jeruk
10.   Ubi
11.   Wortel (jangan terlalu banyak, dapat mengakibatkan diare)
12.   Tauge
13.   Jelly khusus hamster

Dari makanan diatas yang dapat diberikan untuk hamster, ada beberapa makanan yang tidak boleh diberikan untuk hamster yaitu makanan yang berbau menyengat (bawang, duren,jeruk), garam, daging babi, kacang merah, cokelat, permen, sosis, selai, terong, semagka.

Untuk banyaknya makanan sebaiknya tetap diawasi jumlahnya, jangan sampai karena kita terlalu sayang pada hamster lalu kita memberikan porsi yang sembarangan kepada mereka, sekali-sekali bolehlah kita memberikan camilan. Untuk jadwal pemberian makan disarankan untuk memberi mereka makan pada waktu malam atau sore hari saat mereka sedang aktif-aktifnya bergerak.
      
      4. Minum
Perlu diingat, untuk minum hamster harus diisi dengan air mineral yang biasa diminum oleh kita. Jangan sekali-sekali memberikan hamster air mentah, karena dikhawatirkan terdapat banyak kuman dalam air tersebut. Kalian bisa menggunakan makok kecil untuk minum, namun jika menggunakan ini harus berhati-hati karena dikhawatirkan polah tingkah hamster yang tidak bisa diam bisa menyebabkan mangkok tersebut jatuh dan tumpah. Untuk lebih praktisnya kalian bisa menggunakan botol minum berpipet yang dijual di petshop. Selain praktis, kita tidak perlu khawatir air akan tumpah. Usahakan mengganti air setiap seminggu sekali.

5. Mainan
Mainan yang wajib dimiki oleh hamster adalah jogging well. Di habitat aslinya hamster biasa berjalan sejauh 20 km. Jadi tidak heran jika hamster aktif berjalan mondar-mandir saat berada di kandang. Untuk menyalurkan nalurinya tersebut, maka bagi pemilik baru harus memberikan jogging well pada hamsternya. Jika tidak ada mainan ini dikhawatirkan hamster akan menalami kelumpuhan.

6. Toilet
Untuk yang satu ini pastilah wajib, karena manusia saja butuh ke toilet masak hamster tidak? Oleh karena itu sediakan tempat khusus untuk toilet hamster. Kalian bisa memanfaatkan pasir zeolit sebagai medianya, dengan cara menaburkan pasir zeolit di pojok kandang atau menggunakan toilet khusus yang dijual di petshop dan diisi pasir zeolit didalamnya. Jangan lupa untuk memberikan sedikit bekas pipis hamster supaya mereka tahu bahwa disana toilet mereka.

7. Mandi
Hamster termasuk binatang yang tidak suka terkena air terlalu lama, jika ingin memandikan hamster dengan air disarankan harus dimandikan oleh orang yang ahli. Karena jika salah memandikan bisa-bisa hamster malah mati. Untuk itu lebih baik kalian membeli pasir mandi yang dijual di petshop. Harganya berkisar Rp 9.000 – Rp 20.000, pasir mandi ini memiliki aroma yang bermacam-macam ada wangi apel, lavender, lemon, mawar, anggur, dan stroberi. Lalu bagaimana cara mereka mandi? Pada dasarnya jika hamster sudah mulai kotor, ia akan mengguling-gulingkan diri ke pasir mandi yang kita sediakan. Jadi kita tidak perlu memaksa mereka untuk mandi.


Semoga tips diatas bisa membantu teman-teman untuk lebih memperhatikan hamster yang akan kalian pelihara. Jangan lupa untuk membersihkan kandang beserta peralatannya 2 minggu sekali atau jika dirasa kandang sudah mulai berbau.


Untuk mengetahui jenis dan cara memilih hamster yang sehat, silahkan klik disini

0 komentar:

Posting Komentar

*Silahkan berkomentar sesuka hati kalian namun jangan berkomentar yang mengandung SARA ataupun cemoohan terhadap orang lain. Terimakasih :)