Dapat uang hanya karena sharing? Sulit dipercaya sampai akhirnya ada website ini. :D

7 Nov 2012

Jaringan Komputer

JARINGAN KOMPUTER

  •  Pengertian Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer dan peripheral lainnya yang terhubung padanya (misal printer/scanner), yang memungkinkan para penggunanya untuk saling bertukar data atau informasi.
Paripheral seperti printer, scanner, dan juga komputer yang terhubung kedalam suatu jaringan dikenal dengan istilah node. Suatu jaringan bisa memiliki lebih dari dua node sehingga untuk jaringan yang lebih besar bisa memiliki hingga ribuan node.

  • Piranti yang Digunakan
     a. Komputer Server
Komputer server (server) merupakan inti dari suatu jaringan. Suatu server bertugas untuk mengontrol komunikasi dan informasi diantara komputer-komputer dan node-node yang ada didalam suatu jaringan.

     b.  Network Interface Card (NIC)
Network Interface Card (NIC) bentuknya adalah internal. Pada komputer laptop terdapat ruangan yang digunakan untuk kartu jaringan ini yang dikenal dengan PCMCIA Slot. NIC digunakan untuk menghubungkan antar komputer. Beberapa kartu jaringan yang ada di pasaran saat ini, antara lain Ethernet Card, Local Talk Konektor, dan Jaringan Token Ring.

     c.  Repeater
Kegunaan repeater adalah untuk menguatkan sinyal. Sebagaimana diketahui bahwa komputer yang terhubung dengan jaringan bisa mencapai ribuan dan jangkauannya bisa makin luas. Semakin luas jangkauan jaringan, sinyal yang dikirimkan dari komputer bagian A dibangian timur bisa jadi tidak akan sampai diterima oleh komputer B yang terletak diujung barat. Apabila diterima maka akan menjadi lemah, bahkan tidak sempurna.

     d.  HUB (Konsentrator)
HUB digunakan untuk menyatukan kabel-kabel dari komputer user, atau server yang terkoneksi didalam suatu jaringan. Suatu HUB mempunyai banyak slot concentrator tempat sambungan kabel dari port-port komputer yang disambungkan.
HUB biasanya memiliki banyak port RJ-45 (8,12,atau 24 jumlah port), biasanya digunakan untuk jaringan Star. HUB biasanya dipasang disalam rak tertentu yang didalamnya juga terdapat bridge atau router.

     e.  Bridge
Bridge digunakan untuk membagi satu buah jaringan kedalam dua buah jaringan. Hai ini dilakukan untuk mendapatkan jaringan efisien dan mempercepat proses transfer data. Apabila suatu jaringan menjadi besar, seringkali dipecah menjadi beberapa jaringan. Suatu Bridge dapat mengetahui masing-masing alamat dari tiap-tiap egmen komputer pada jaringan sebelahnya dan juga pada jaringan lain disebelahnya pula.

     f.  Router
Kegunaan Router adalah mengartikan informasi dari satu jaringan ke jaringan yang lain. Fungsinya hampir sama dengan Bridge, namun peralatan ini lebih cerdas. Router akan mencari jalur yang terbaik untuk mengirimkan suatu data yang berdasarkan asal alamat tujuan dan alamat asal. Router mengetahui alamat komputer, bridge, dan router lainnya. Router juga dapat mengetahui keseluruhan jaringan dan melihat sisi mana yang paling sibuk.


  •    Macam Jaringan
     a.  Locar Area Network (LAN)
Jenis jaringan ini diterapkan pada hubunga komputer-komputer yang terdapat didalam sebuah kantor, sekolah, kantor, atau instalasi tertentu. Cakupan wilayah yang dibentuk LAN adalah kecil, kurang dari 1km2. Kebanyakan suatu LAN menggunakan media transmisi kabel untuk menghubungkan satu komputer kekomputer yang lainnya.

     b.  Metropolitan Area Network (MAN)
Cakupan area yang dibentuk MAN lebih luas daripada LAN. Cangkupan MAN adalah antar wilayah dalam satu provinsi. Denga adanya MAN diutuhkan waktu yang lebih sedikit untuk proses pertukaran informasi.

     c.  Wide Area Network (WAN)
Cakupan area WAN lebih besar daripada LAN ataupun MAN. Jaringan WAN biasanya menggunakan media transisi berupa satelit maupun kabel bawah laut. Denga menggunakan WAN, sebuah kantor luar negeri yang ada di Jakarta dapat berkomunikasi dengan kantor duta besar yang ada di Singapore.

     d.  Internet
Diantara jaringan diatas, Internet adalah jaringan yang paling luas. Cangkupan dari sebuah jaringan Internet adalah seluruh dunia. Sehingga, dengan adanya internet kita bisa melakukan pertukaran data dimana saja dan kapan saja diseluruh belahan dunia.




Sumber :
Buku SOLUSI Siswa TIK kls 9a

0 komentar:

Posting Komentar

*Silahkan berkomentar sesuka hati kalian namun jangan berkomentar yang mengandung SARA ataupun cemoohan terhadap orang lain. Terimakasih :)