Dapat uang hanya karena sharing? Sulit dipercaya sampai akhirnya ada website ini. :D

4 Nov 2012


Cloud Computing
  


Cloud computing adalah penggunaan sumber daya komputasi (hardware dan software) yang disampaikan sebagai layanan yang melalui jaringan (biasanya internet). Nama tersebut berasal dari penggunaan simbol berbentuk awan sebagai abstraksi untuk infrastruktur kompleks yang dikandungnya dalam diagram sistem. Cloud computing mempercayakan layanan jarak jauh dengan data pengguna, perangkat lunak dan komputasi.

Ada banyak jenis cloud computing publik: 
     * Infrastruktur sebagai sebuah layanan (IaaS)
     * Platform sebagai layanan (PaaS)
     * Software sebagai sebuah layanan (SaaS)
     * Penyimpanan sebagai sebuah layanan (STaaS)
     * Keamanan sebagai layanan (SECaaS)
     * Data sebagai sebuah layanan (DaaS)
     * Test lingkungan sebagai sebuah layanan (TEaaS)
     * Desktop sebagai sebuah layanan (DaaS)
     * API sebagai sebuah layanan (APIaaS)
 * Backend sebagai sebuah layanan (Baas)


Cloud computing mengandalkan berbagi sumber daya untuk mencapai hubungan dan skala ekonomi yang serupa dengan utilitas (seperti jaringan listrik) melalui jaringan. Dasar dari cloud computing adalah konsep yang lebih luas dari infrastruktur konvergensi dan pelayanan bersama.



Sistem dan konsep
  •        Otonom computing - Sistem komputer yang mampu memanajemen diri.
  •    Client-server model - Client-server computing menunjukkan global setiap aplikasi terdistribusi yang membedakan antara penyedia layanan (server) dan peminta layanan (klien).
  •  Grid computing - "Suatu bentuk komputasi terdistribusi dan paralel, dimana sebuah 'super komputer dan virtual' terdiri dari sekelompok jaringan, beberapa komputer ditambah dalam mencapai persetujuan untuk melakukan tugas yang sangat besar."
  • Mainframe computer - Komputer Powerfull digunakan terutama oleh organisasi-organisasi besar untuk aplikasi genting, data biasanya dalam jumlah besar pengolahan seperti sensus, industri dan statistik konsumen, polisi dan dinas intelijen rahasia, perencanaan sumber daya perusahaan, dan proses transaksi keuangan.
  • Utility Computing - ". Kemasan sumber daya komputasi, seperti perhitungan dan penyimpanan, sebagai layanan penghitungan mirip dengan utilitas publik tradisional, seperti listrik".
  •  Peer-to-peer - arsitektur terdistribusi tanpa perlu koordinasi pusat, dengan klien yang pada saat yang sama pihak pemasok dan konsumen sumber daya (berbeda dengan tradisional client-server model).
  • Cloud game - Juga dikenal sebagai on-demand gaming, ini adalah cara memberikan permainan untuk komputer. Data game akan disimpan di server penyedia, sehingga game akan independen dari komputer klien yang digunakan untuk bermain game.


Model Layanan

Cloud computing menawarkan jasa sesuai dengan tiga model dasar: Infrastruktur sebagai layanan (IaaS), Platform sebagai layanan (PaaS), dan perangkat lunak sebagai layanan (SaaS) di mana IaaS adalah yang paling dasar dan masing-masing model abstrak lebih tinggi dari rincian model yang lebih rendah.

  • Infrastructure as a service (IaaS)


Dalam model cloud paling dasar, penyedia cloud menawarkan komputer, mesin virtual fisik, dan sumber daya lainnya. Mesin virtual dijalankan sebagai tamu oleh hypervisor, seperti Xen atau KVM. Manajemen kelompok hypervisors oleh sistem pendukung operasional cloud mengarah ke kemampuan untuk skala yang mendukung sejumlah besar mesin virtual. Sumber daya lainnya di awan IaaS termasuk gambar dipenyimpanan gambar mesin virtual, raw storage (blok) dan file-based, firewall, balancers beban, alamat IP, jaringan area virtual lokal (VLAN), dan bundel software.

IaaS tidak merujuk kepada mesin yang melakukan semua pekerjaan, tetapi hanya untuk fasilitas yang diberikan kepada perusahaan yang menawarkan pengaruh pengguna ruang penyimpanan ekstra dalam server dan pusat data.

Contoh IaaS : Amazon CloudFormation, Cloud Rackspace, Terremark, Windows Azure Virtual Machines, Google Mesin Hitung. dan Joyent.

  • Platform as a service (PaaS)

Dalam model PaaS, penyedia awan memberikan platform komputasi biasanya termasuk sistem operasi, pemrograman bahasa pelaksana, database, dan server web. Pengembang aplikasi dapat mengembangkan dan menjalankan perangkat lunak mereka pada platform cloud tanpa biaya dan kompleksitas membeli dan mengelola hardware dan software. Dengan beberapa tawaran PaaS, komputer dalam penyimpanan skala sumber daya otomatis untuk memenuhi permintaan aplikasi, pengguna cloud tidak perlu mengalokasikan sumber daya secara manual.

Contoh PaaS : Amazon Elastic Beanstalk, Cloud Foundry, Heroku, Force.com, EngineYard, Mendix, Google App Engine, Windows Azure Compute dan OrangeScape.

  •  Software as a service (SaaS)

Dalam model ini, penyedia cloud  menginstal dan mengoperasikan perangkat lunak aplikasi dalam cloud dan pengguna cloud mengakses perangkat lunak dari klien cloud. Para pengguna cloud tidak perlu mengelola rangka dasar cloud dan platform pada aplikasi yang sedang berjalan. Apa yang membuat aplikasi cloud berbeda dari aplikasi lain? Skalabilitas. Hal ini dapat dicapai dengan tugas kloning ke mesin virtual pada saat run-time untuk memenuhi kebutuhan kerja berubah menjadi pengimbang beban untuk mendistribusikan karya atas set mesin virtual. Proses ini transparan terhadap pengguna cloud yang hanya melihat jalur akses tunggal. Untuk mengakomodasi sejumlah besar pengguna cloud, cloud aplikasi dapat multitenant yaitu setiap mesin melayani lebih dari satu organisasi pengguna cloud. Hal ini umum untuk pada jenis khusus dari perangkat lunak aplikasi berbasis cloud dengan konvensi penamaan yang sama: desktop sebagai suatu proses, bisnis sebagai layanan, uji lingkungan sebagai layanan, dan komunikasi sebagai layanan.

Harga untuk aplikasi SaaS biasanya biaya tetap bulanan atau tahunan per pengguna, Sehingga harga terukur dan disesuaikan jika pengguna ditambahkan atau dihapus pada titik apapun.

Contoh SaaS : Google Apps, Microsoft Office 365, dan OnLive.



Sumber :


Fakultas Ilmu Komputer - Game Technology
memenuhi tugas Computer Application (CO)

0 komentar:

Posting Komentar

*Silahkan berkomentar sesuka hati kalian namun jangan berkomentar yang mengandung SARA ataupun cemoohan terhadap orang lain. Terimakasih :)