Dapat uang hanya karena sharing? Sulit dipercaya sampai akhirnya ada website ini. :D

6 Sep 2012

Sepenggal Cerita PTMB di UNIKA




Kali ini aku mau cerita pengalamanku selama aku PTMB di UNIKA Soegijapranata. Ceritanya sebelum nglaksanain PTMB para mahasiswa baru (MaBa) dikumpulin dulu pas hari Sabtu, 12 Agustus 2012 di Gedung Albertus lantai 3. Kirain tu mau ngapain kok pada dikumpulin pas hari itu, ternyata kita dikumpulin buat nyiapin apa aja yang bakal disiapin buat PTMB lusa. Sempet kaget sih pas denger kata PTMB, masalahnya kan waktu itu dikasih taunya kalo PTMB itu bakal dilaksanain  sekitar akhir bulan Agustus. Apalagi itu dilaksanain pas bulan puasa pula, nggak kebayang bakal kayak gimana ntar. Sempet sih ngebayangin yang nggak-nggak tentang PTMB, soalnya kalo denger cerita dari kakak-kakak yang pernah OSPEK kayaknya nyeremin deh.

Pas kumpul itu para MaBa dikasih penjelasan soal kelembagaan yang ada di UNIKA terus dijelasin juga tentang tugas paper Soegija yang harus kita kerjain individu dan harus dikumpulin hari Selasa. Setelah acara selesai para Maba dikasih paket (jas, buku Soegija, kokart+kalender akademik, pin). Terus kalo kita uda dapet itu paket, para MaBa disuruh buat ngeliat pembagian kelompok untuk PTMB hari kedua. Dan ternyata aku dapet kelompok L di gedung Yustinus bareng Fero (temen IKOM yang aku kenal waktu itu). Abis itu, para MaBa IKOM kumpul dulu di Gedung HC, disana kita dibagi kelompok terus kita dikasih tugas bawa alat” buat hari Rabunya. Kebetulan waktu itu kelompokku kebagian tema penyihir dan aku ditugasin buat bawa tongkat peri.

Haripun berlalu, nggak kerasa uda hari Senin. Hari ini para MaBa diharuskan buat pake baju batik+celana panjang gelap. Pas jam 7 kita disuruh kumpul di lapangan buat acara pembukaan PTMB. Setelah pembukaan selesai kami semua dibagi menurut ruangan yang uda dilihat kemarin Sabtu. Aku kebagian ruangan di Gedung Yustinus lantai 1. Pas uda bubar menurut kelompok masing-masing para MaBa langsung masuk ke ruangan.

Waktu aku masuk ke ruanganku awalnya agak kagok juga sih, soalnya nggak kenal sama yang lain. Waktu PTMB hari pertama kita-kita diajak buat saling kenalan antar fakultas. Terus ada sesi dimana kita diberi pendidikan anti korupsi, saling bertukar pikiran lewat diskusi, terus ada juga sesi game.

Hari kedua PTMB MaBa IKOM diwajibkan buat berangkat jam 6.15. Sempet kaget juga waktu disuruh berangkat jam segitu, tapi mau gimana lagi? Namanya juga MaBa, jadi harus ngikutin kata kakak-kakaknya kan? Jam 6.15 kita para MaBa dikumpulin di Gedung Henricus Constant (HC) lantai 7 ruang B.5.2.3. Pas PTMB di fakultas, aku rada takut juga kalo nanti kakak-kakanya bakal kiler kayak waktu di SMK dulu. Tapi ternyata??ckckck, Kakak-kakanya itu pada baik-baik banget, uda gitu ramah lagi. Pokok’e mbak-mbak’e sama mas-mas’e juoooooos !! (yel-yel IKOM) :D

Untuk pembukaan, kita berdoa dulu abis itu dilanjut nyanyi Mars UNIKA sama Hymne UNIKA. Terus acara selanjutnya kita diajak buat ngenalin diri kedepan. Rada gokil juga sih emsinya (maaf ya kak Monic ma Kak Adi) hehehe, :p Tapi walaupun kaya gitu, acaranya malah makin seru kok. :D

Pagi menjelang siang sekitar jam 10an kita disuruh berkelompok buat bikin yel-yel sama nampilin kreatifitas kita masing-masing. Kita milih kelompok itu lewat kartu yang dikasih sama kakak-kakaknya secara acak. Dan kebetulan aku dapetnya kartu berjumlah 3 digit, jadi aku masuk kelompok tiga. Waktu itu aku sama kelompok nampilin dance kaya boyband ma girlband gitu lah, dengan lagu balonku (tapi diaransemen ulang lyricnya).hahaha,

Jam 12nya kita pada disuruh ngumpulin tugas paper Soegija yang uda dikasih tau pas Technical Meeting hari Sabtu kemaren. Pas hari Selasa itu, kita juga diajarin Mars sama yel-yel IKOM. Sumpah ya, kata-katanya itu bikin ngakak. Pokoknya salut deh buat kakak-kakaknya. Seru banget acara PTMB ke-2 hari itu.

Hari ketiga alias hari terakhir PTMB, aku sempet kaget lagi gara-garanya aku liat MaBa fakultas Sipil uda berderet di depan Gedung HC sambil nyanyiin yel-yel mereka. Dengan lantangnya mereka nyanyi-nyanyi, tapi disisi lain dari gedung HC lantai 6 aku denger kakak-kakak dari fakultas Sipil malah teriak bilang kalo suara tu MaBa kaya “kerupuk mlempem”.ckckck, Kali ini aku cuma bisa geleng-geleng kepala doang denger kakak-kakaknya pada kayak gitu. Dalam hati cuma bisa ngomong “kasihan banget tuh MaBa, emang masih jaman ya marah-marahin MaBa?” ( --“?)

Aku bersyukur banget lah bisa ada di Fakultas IKOM soalnya cuma di IKOM yang bisa sebebas itu dibanding sama fakultas yang lainnya. Fakultas lain pada disuruh bikin topi bentuk kaya gini lah, baju kaya gini lah, bawa properti kya gini lah, pokonya ribet banget. Tapi di IKOM? Semuanya serba bebas tapi tetep rapi dong. Bangga lah pokoknya. :D

Dan sekarang giliran aku ma yang lain latihan buat ngapalin Mars ma yel-yelnya. Abis itu kita diajakin kakak-kakaknya buat nggame. Mulai dari game tepuk bit, perang kertas, joget-joget nggak jelas, pokoknya banyak lagi lah. Setelahnya kita juga dapet panduan dari kakak-kakak dari UKM PEER education tentang pacaran ma free sex.

Jam 3 kita semua disuruh beres-beres buat turun ke Kapel. Disana para wakil Maba dari setiap fakultas bakal nampilin kreatifitasnya masing-masing. Dari mulai IKOM, FAD, FEB, HUKUM, FTP, SASTRA, PSIKOLOGI, TEKNIK SIPIL semuanya kumpul di deket Kapel.

Disana kita dibuat bingung sama alur cerita drama dari FEB, soalnya ada adegan yang bikin kita jadi bertanya-tanya “sebenernya itu beneran berantem atau nggak sih?” masalahnya di tengah drama itu tiba-tiba salah satu pemeran ada yang berantem di panggung, dan seketika itu juga drama dari FEB dihentikan. Terus dateng Dekan dari FEB yang minta maaf buat kejadian yang tadi. Dan tiba-tiba juga datenglah tuh Romo ngasih nasehat buat kejadian yang sebelumnya. Setelah selesai Dekan FEB naik lagi tu keatas panggung dan bilang kalo perkelahian tadi itu cuma salah satu dari adegan drama. Bukan main “nggonduknya” kita-kita. Tapi keren juga sih jalan ceritanya.

Dan saat yang ditunggupun datang, sekarang giliran anak IKOM yang nampilin drama. Dimulai dari adegan yang konyol dari para robot-robot nggak jelas bentuknya. Terus ada kelompok penyihir galak+penyihir bencong alaynya. Hahhahha. Dan yang terakhir itu ada kelompok satu lagi dari grup apa ya? Sama-sama nggak jelasnya juga sih orangnya. Pokoknya terdiri dari 3 orang salah satunya itu kaya orang bego. :p

Ceritanya kelompok nggak jelas mau ngancurin kehidupan kelompok robot ma penyihir dengan jalan menfitnah kalo salah satu anggota kelompok penyihir ada yang mati dibunuh sama kelompok robot. Karena kemakan fitnahan kelompok nggak jelas kedua kelompok itu pun saling berkelahi, tapi belum sampe pukul-pukulan tiba-tiba dateng si Mgr.Soegija yang ngasih nasehat ke mereka buat saling berbaikan. Dan seketika itu juga ada dua polisi yang ceritanya nangkep si penfitnah itu. Yang bikin gokil itu pas salah satu dari kelompok nggak jelas (berperan sebagai orang bego) ketinggalan di panggung dengan ekspresi kaya orang autis. Pokoknya bikin ngakak yang nonton lah. :D

Setelah semua kreatifitas ditampilin, sekarang saatnya acara penutupan. Yang harusnya selesai jam 5 sore tapi malah molor sampai jam 6 sore. Tapi lumayanlah, sekalian buka puasa buat yang lagi berpuasa.


Sekian ceritaku tentang kegiatan PTMB di UNIKA. Kalo ada kata-kata yang kurang pas, mohon dimaklumi ya. Terimakasih. ( ^ . ^ )


Oiya, aku ucapin terimakasih buat Fakultas IKOM terutama buat kakak-kakaknya yang uda rela bangun pagi buat meriahin acara PTMB. Buat temen-temen IKOM angkatan 2012 “SEMANGAT YAA !! :D”




IKOM POKOK’e JUUOOOOOOOSSS !!! :D

0 komentar:

Posting Komentar

*Silahkan berkomentar sesuka hati kalian namun jangan berkomentar yang mengandung SARA ataupun cemoohan terhadap orang lain. Terimakasih :)