Dapat uang hanya karena sharing? Sulit dipercaya sampai akhirnya ada website ini. :D

5 Mei 2014

Tips dalam Online Shop



Belakangan ini online shop sangat booming dikalangan masyarakat dunia, berbelanja dengan cara ini dipilih karena kepraktisannya. Kita hanya berdiam diri di rumah, buka gadget, tinggal klik klak klik dan barang siap dikirim ke rumah. Sangat gampang kan? Kita tidak perlu menuju toko tersebut, tidak lagi menghadapai kemacetan, tidak perlu berdesak-desakan, dan tidak perlu BBM. Tak perlu berpanjang-panjang lagi, berikut ini adalah tips yang perlu diperhatikan saat kita akan berbelanja online :

1.Lakukan beberapa riset sederhana terhadap situs belanja online yang akan dipilih. Caranya lakukan pencarian di beberapa situs yang terpercaya seperti Google, Yahoo!, MNS dan lain-lain. Atau bisa juga situs rekomendasi dari teman atau saudara yang sudah punya pengalaman dalam berbelanja online di toko tersebut.

2. Lihat testimoni dari beberapa pembeli sebelumnya. Apakah memuaskan ataukah mengecewakan.

3. Lihat apakah situs tersebut menyediakan spesifikasi yang detail bukan sekedar memajang foto, tipe barang dan harga. Sebagai contoh saat akan membeli produk fashion, lihatlah jenis bahan, warna dan ukuran yang tersedia,dan juga detail produk apakah terdapat renda,rantai, bordir, dan lain-lain. Karena kebanyakan foto dalam situs bisa berbeda atau tidak persis dengan produk aslinya.

4. Perhatikan sistem pembayarannya, situs yang kredibel memiliki banyak sistem pembayaran yang bekerja sama dengan berbagai bank dan penerbit kartu kredit. Terdapat dua sistem pembayaran yaitu sitem pembayaran melalui transfer dan COD (cash on demand). Disarankan untuk memilih situs yang menyertakan label ‘certified secure’. Sertifikat ini menunjukkan jika situs tersebut sudah menggunakan keamanan SSL (Secure Sockets Layer).

Kasus dalam Online Shop :
1. Rendahnya kualitas barang
2. Pengiriman barang yang tidak sesuai yang dijanjikan
3. Barang yang rusak atau cacat saat sampai pada si pembeli
4. Rawan penipuan
5. Pembeli menerima barang yang tidak sesuai dengan pesanan
6. Pengembalian uang yang tertunda
7. Kesulitan dalam menghubungi pihak penjual saat terjadi kesalahan



Sumber NOVA CHOICE 036 | DESEMBER 2013

0 komentar:

Posting Komentar

*Silahkan berkomentar sesuka hati kalian namun jangan berkomentar yang mengandung SARA ataupun cemoohan terhadap orang lain. Terimakasih :)