Dapat uang hanya karena sharing? Sulit dipercaya sampai akhirnya ada website ini. :D

5 Mei 2014

Pentingnya Makanan Sehat



Aspek penting dalam menjaga kesehatan adalah makanan sehat dan nutrisi yang tepat.Makanan sehat adalah makanan yang sesuai dengan kebutuhan, usia, beratbadan, aktivitas, serta disesuaikan dengan penyakit yang diderita (kolesterol, diabetes, lever, dll) danjuga harus memenuhi pola makan seimbang.
Pola makan seimbang meliputi karbohidrat <50%, protein <15-20%, lemak <30% dan juga dilengkapi dengan sayuran dan buah yang mengandung berbagai sumber vitamin, mineral dan juga serat untuk melancarkan pencernaan. Untuk itu tubuh memerlukan minum 6-8 gelas per hari.
Berikut ini penjelasan dari beberapa zat dalam pola makan sehat :

1. Karbohidrat
Karbohidrat adalah zat yang paling penting untuk tubuh. Karbohidrat yang baik adalah karbohidrat kompleks, yaitu karbohidrat yang membutuhkan waktu untuk dicerna sehingga kadar gula dalam darah tidak langsung naik melainkan perlahan-lahan. Ini berlaku bagi semua kondisi namun diutamakan untuk yang mengalami diabetes, kegemukan dan kelainan metabolisme lain. Contoh karbohidrat yang baik untuk tubuh kita yaitu :beras, berasmerah, berashitam, kentang, oatmeal, roti gandum yang masih utuh kulit arinya.

2.Protein
Tubuh membutuhkan sekitar 15-20% protein untuk memenuhi kebutuhan itu kita dapat mengonsumsi makanan yang menagandung protein nabati maupun hewani. Protein alaminabatiyaitutahu, tempe, biji-bijian, kedelai, kacangmerah, kacangtanah, kacanghijau, dll. Sedangkanuntuk protein hewani yang sehatdiantaranyaikan, ayam, atautelur.Dan janganlupasebaiknyamengurangikonsumsidagingmentah.

3. Lemak
Lemak tak jenuh terdiri dari dua jenis yaitu lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Lemak tak jenuh tunggal terdapat pada olive oil canola dan minyak kacang. Lemak tak jenuh ganda adalah yang memiliki rantai panjang dan mengandung Omega 3, EPA dan DHA. Sebagai contoh yaitu ikan salmon, minyak jagung, minyak bunga matahari.Saat pengolahan minyak ini tidak boleh menggunakan api yang terlalu panas dan tidak boleh menggunakan minyak berulang-ulang karena dikhawatirkan dapat mengubah ikatan rantai. Terdapat juga lemak yang tidak baik untuk tubuh yaitu minyak jenuh dan minyak trans yang dapat menyebabkan kolesterol, serangan jantung, dll.

4. Vitamin dan mineral
Vitamin dan mineral banyak terkandung dalam sayur dan buah. Dianjurkan untuk lebih banyak mengonsumsi sayur dibandingkan buah sebagai perbandingan minimal sehari 3 porsi sayur dan 2 porsi buah. Mengonsumsi sayur dan buah harus bervariasi tidak harus itu-itu saja dan juga lebih baik mengonsumsi buah yang segar tanpa adanya zat tambahan seperti gula, susu atau sirup supaya terjaga seratnya.


Hal yang perlu diperhatikan dalam pola makan seimbang :
1. Ukur kebutuhan makanan seperti nasi secukupnya, sayur semangkuk, protein hewani sepotong, nabati sepotong, buah satu porsi dan makan 3x sehari serta jangan lupa untuk berolahraga dan mengatur berat badan.

2. Jangan mengolah bahan makanan terlalu lama karena dikhawatirkan vitamin serta zat-zat terkandung dalam bahan makanan tersebut akan hilang, yang paling bagus adalah dikukus.

3. Healthy Eating Pyramid menganjurkan untuk mengonsumsi vitamin dan mineral seandainya merasa makanan yang dikonsumsi kurang bervariasi atau takut jika kandungan bahan makanan rusak akibat pengolahan yang salah. Untuk konsumsi multivitamin ini jangan yag dosis tinggi, yang penting dapat mendekati angka kecukupan yang dianjurkan.

4. Hindari makanan yang banyak mengandung gula, garam dan juga digoreng karena merupakan sumber penyakit hipertensi dan jantung.


5. Upayakan untuk selalu sarapan pagi karena sarapan sangat baik untuk tubuh. Sarapan juga dapat membantu metabolisme menjadi lebih bagus, aktifdan juga memberi energi yang cukup untuk beraktivitas.


Sumber : NOVA 1352/XXVI | 20-26 JANUARI 2014

0 komentar:

Posting Komentar

*Silahkan berkomentar sesuka hati kalian namun jangan berkomentar yang mengandung SARA ataupun cemoohan terhadap orang lain. Terimakasih :)